oleh

16 Tahun Bersama, Akhirnya Real Madrid dan Sang Kapten Berpisah

“Terima kasih kepada Real Madrid. Saya akan selalu membawamu di hati saya. Telah ditutup satu tahapan yang tak ada duanya dan yang sangat indah, dan saya rasa saya tidak akan pernah menjalani lagi apa yang telah saya alami di sini. Lebih dari sekedar ‘selamat tinggal’ ini adalah ‘sampai nanti’ karena cepat atau lambat, saya pasti akan kembali,”

Oleh: AGUSTINUS NAGI, 18 Juni 2021

BINTANGFLOBAMORA.com, Madrid Real Madrid resmi berpisah dengan sang kapten, Sergio Ramos. Kebersamaan selama 16 tahun harus diakhiri.

Kontrak Sergio Ramos bersama Real Madrid berakhir Juni 2021 dan tidak diperpanjang lagi.

Ramos bergabung dengan skuat El Real usai direkrut dari Sevilla pada tahun 2005. Kepercayaan Real Madrid pada dirinya kala itu cukup besar, sampai-sampai mereka rela mengeluarkan uang 27 juta euro untuknya.

Sergio Ramos saat diperkenalkan sebagai pemain baru Real Madrid, 8 September 2005 (foto: Realmadrid.com)

 

El capitan membayar kepercayaan tersebut dengan penampilan apik di jantung pertahanan. Sejak musim pertamanya, Ramos sudah menjadi bagian penting dalam skuat Real Madrid. Hingga kini, ia sudah melakoni 671 pertandingan resmi dan mencetak 101 gol bersama Real Madrid dari berbagai kompetisi.

Bersama Los Merengues pemain berusia 35 tahun itu telah mempersembahkan empat gelar Liga Champions, empat Piala Dunia Antarklub, tiga Piala Super Eropa, lima gelar La Liga, dua gelar Copa del Rey, dan empat Piala Super Spanyol.

Baca Juga:  Ditinggal Zidane, Real "CLBK" dengan Carlo Ancelotti?

Jadi Panutan dan Legenda Klub

Real Madrid menggelar acara perpisahan dengan Ramos. Acara digelar di Ciudad Real Madrid (kompleks latihan sepak bola milik Real), Kamis (17/6/2021) pukul 12:30 (waktu setempat) dihadiri oleh para anggota Dewan Direksi.

Diawali dengan pemutaran video dengan durasi 3 menit yang juga dibagikan Real Madrid lewat twiter resminya. Video yang sangat mengharukan penuh dengan gambar-gambar dari sang kapten dan dilanjutkan dengan pidato dari presiden Florentino Perez.

“Kau telah membangun salah satu dari perjalanan karir yang paling spektakuler dalam sejarah klub kita. Selama bertahan-tahun kau telah menjadi panutan bagi para pendukung kita dan tak diragukan lagi kau adalah salah satu pemain legendaris terbesar di Real Madrid,” kata Perez mengawali pidatonya.

“Terima kasih atas semua yang telah kau berikan bagi klub ini dan dalam mempertahankan lambang klub dan kaus kita dengan memberikan segenap jiwa ragamu dalam setiap pertandingan dan bertarung selalu hingga saat terakhir,” ungkap Perez.

“Sangatlah sulit mencapai semua yang telah berhasil kau raih di Real Madrid : 4 Champions (Tiga diantaranya secara berturut-turut), 4 Piala Dunia Antar Klub, 3 Piala Super Eropa, 5 Liga, 2 Copas del Rey dan 4 Piala Super Spanyol,” puji Perez.

Sergio Ramos dan presiden klub, Florentino Perez bersama dengan 22 trofi yang telah dimenangkan selama perjalanan karirnya bersama Real Madrid (foto: Realmadrid.com/Helios de la Rubia)

“Ke 22 gelar juara yang telah menjadikanmu, bersama dengan rekanmu Marcelo, sebagai pemain madridista dengan jumlah gelar juara terbanyak dalam sejarah. Yang hanya dilampaui oleh presiden kehormatan kami, Paco Gento,” urainya.

Terima Kasih, Sampai Nanti, dan Saya Pasti Akan Kembali

Saat diberikan kesempatan untuk berbicara, Sergio Ramos mengisahkan perjalanannya ketika awal bergabung bersama El Real yang diboyong dari Sevilla disaat masih berusia 19 tahun. Yang masih dibimbing oleh kedua orang tua dan kedua saudaranya.

Presiden klub Real Madrid, Florentino Perez dan Sergio Ramos bersama keluarga (foto: Realmadrid.com/Helios de la Rubia)

“Saya tiba di sini dibimbing oleh kedua orang tua saya, oleh kedua saudara saya, saat berusia 19 tahun. Waktu itu saya hanyalah seorang bocah dan syukur kepada Tuhan sekarang saya memiliki keluarga yang berbahagia, dengan isteri dan empat anak saya,” ungkap Ramos.

 

“Untungnya saya dapat mengatakan bahwa saya tiba disini dengan satu keluarga yang sangat saling mendukung dan saya pergi bersama keluarga yang luar biasa ini yang telah selalu mendampingi dan berada disisi saya,” lanjutnya.

Ramos juga mengucapkan terima kasih bagi semua pihak yang telah mendukung karirnya selama berkostum El Real. Kepada pihak klub, presiden dan semua pegawai yang sudah dianggapnya seperti keluarga sendiri. Dan tidak lupa ia juga berterima kasih kepada seluruh penggemar yang telah mendukungnya semenjak menginjakan kaki di Santiago Bernabeu.

Ramos juga mengatakan suatu waktu pasti akan kembali ke Real Madrid.

“Terima kasih kepada Real Madrid. Saya akan selalu membawamu di hati saya. Telah ditutup satu tahapan yang tak ada duanya dan yang sangat indah, dan saya rasa saya tidak akan pernah menjalani lagi apa yang telah saya alami di sini. Lebih dari sekedar ‘selamat tinggal’ ini adalah ‘sampai nanti’ karena cepat atau lambat, saya pasti akan kembali,” tutup Ramos dengan penuh haru.

Sergio Ramos menerima pin Real Madrid yang terbuat dari emas dan berlian dari presiden klub Florentino Perez (foto: Realmadrid.com/Victor Carretero)

Acara diakhiri dengan penyerahan satu pin Real Madrid yang terbuat dari emas dan berlian kepada Sergio Ramos oleh presiden klub Florentino Perez. Dan diilanjutkan dengan pengambilan foto bersama dengan 22 trofi yang telah dimenangkan selama perjalanan karirnya bersama Real Madrid.

 

 

Komentar