oleh

Andini dan Yuni Kampanyekan Psiko Edukasi Anak Usia Dini di Ende

-News, NTT, Pendidikan-149 Dilihat

Bintangflobamora.com, Ende– Andini dan Yuni demikian sapaan akrab dari dua putri terbaik kelahiran Kota Pancasila, Bumi Kelimutu dengan nama lengkap Andini Fransiska Dhapa Saka, S.Pd, M.Psi dan Yunita Victoria Natal, M.Psi. Psikolog Keduanya lagi-lagi menggelar dan mengkampanyekan pentingnya psiko edukasi dalam upaya pencegahan dampak penggunaan gadget dan Pencegahan Pelecehan Seksual pada Anak sejak usia dini di Kelurahan Lokoboko, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Sabtu, 2 April 2022.

Sebab anak merupakan generasi penerus pembangunan bangsa, maka seorang anak harus dipersiapkan untuk menjadi subjek pelaksana pembangunan yang berkelanjutan dan pemegang kendali masa depan sehingga perlu dijaga dan dirawat.

Hal ini bertujuan untuk membantu anak agar dapat mencapai kematangan emosional dan kemandirian dalam kehidupan serta menjalankan tugas-tugas keseharian dalam tumbuh kembangnya guna mencakup aspek kehidupan sosial yang baik.

Kegiatan psyco edukasi anak usia dini dimaksud digelar pada dua tempat yang berbeda yakni SDI Lokoboko SDK Lokoboko di hari yang sama dengan mengambil tema “Dampak penggunaan gadget dan pencegahan tindakan pelecehan seksual pada anak” dengan sasaran utama bagi siswa/i kelas IV sampai kelas VI.

Menyambut baik kegiatan edukasi terhadap anak sejak usia dini, Lurah Lokoboko Fransiskus Xaverius Pesa, S.H mengapresiasi terhadap inisiatif brilian yang dibawakan oleh dua kader muda ende tersebut

“Sebagai Lurah Lokoboko, selaku pimpinan wilayah pula, saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada kedua pemateri yang sudah berbagi ilmu untuk generasi muda di wilayah kelurahan kami ini” ungkap Frans

Lurah Frans juga menambahkan bahwa kegiatan ini sangat positif bagi generasi muda penerus bangsa.

“Kegiatan ini sangat positif untuk generasi muda kami, agar mereka mempunyai pengetahuan tentang penggunaan gadget dan menjaga diri mareka dari tindakan kriminal pelecehan seksual apalagi didampingi langsung dari narasumber yang ahli pada bidangnya masing-masing” Ungkapnya

Lurah Lokoboko, juga menyatakan bahwa pihak pemerintahan kelurahan telah menganggarkan dana untuk kegiatan seperti ini setiap tahunnya, agar kedepannya bisa memberikan sosialisasi lebih luas lagi kepada anak-anak remaja dan orang tua dikelurahannya tersebut.

Sementara itu narasumber dalam kegiatan sosialisasi psyco edukasi Andini Fransiska Dhapa Saka, kepada media bintangflobamora.com melalui press realis yang diterima, Sabtu, 2 April 2022 meyebutkan kegiatan ini lebih ditekankan pada pembanguanan dan pembentukan karakter SDM anak itu sendiri.

“Kami senang karena kembali diberikan kesempatan dan ruang untuk memberikan psiko edukasi oleh karena itu kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa menjadi agenda tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Ende, karena kita juga perlu untuk fokus juga pada pembangunan dan pembentukan karakter Sumber Daya Manusia dan itu dimulai dari anak-anak”. ungkap Andini

Andini juga menjelaskan jika dirinya sebagai anak daerah merasa terpanggil dan merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut andil dalam hal tersebut diatas.

“Bermodal tekat yang kuat dan didukung dengan basic ilmu yang kami miliki apa salahnya kami memberikan sumbangsih pemikiran, ide dan aksi nyata. Kegiatan hari ini adalah aksi nyata kami. Kami sebagai penggagas sekaligus narasumber sangat berterima kasih kepada pihak kelurahan Lokoboko yang kembali memberikan ruang bagi kami. Tahun lalu kami adakan kegiatan serupa dgn tema psiko edukasi tentang upaya preventif pelecehan seksual pada anak, di tahun ini kami memberikan materi ttg bahaya penggunaan gadget dan sedikit tentang kekerasan seksual.” Jelas Andini.

Kesempatan yang sama, Yunita Victoria natal, yang juga bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan yang sama, kembali mengucapkan terimaksih kepada pihak Kelurahan Lokoboko yang sudah memberikan kesempatan untuk kembali memberikan psiko edukasi terkait Bahaya Penggunaan Gadget.

“Kami juga ingin mengucakan terimakasih atas ruang dan waktu yang telah kami peroleh pada kesempatan ini, kepada Lurah Lokoboko selaku pimpinan wilayah, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, sebagaimana mestinya” Kata Yuni

Yuni kembali menggambarkan situasi kehidupan pada era globalisasi yang tidak bisa dihindari yang mana saling berdampingan dengan perkembangan teknologi.

“Tidak dapat kita pungkiri bahwa saat ini kita hidup berdampingan dengan teknologi, dan penggunaan teknologi tidak ada batasan usia, dimulai dari anak-anak hingga lansia, sehingga pemberian edukasi mengenai bahaya penggunaan gadget perlu dilakukan sejak dini, sehingga anak-anak kita bisa mencegah bahaya penggunaan gadget yang berlebihan yang bisa memberikan kecanduan tersendiri dan pencegahan pelecehan seksual terhadap anak yang hari ini kian marak”Jelas Yuni.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh lurah Lokoboko, Para Guru SDI Lokoboko dan SDK Lokoboko dan siswa-siswi dari kelas IV sampai dengan kelas VI.

Guna memeriahkan kegiatan tersebut, penyelenggara menggelar pula kuis untuk para peserta didik yang hadir dalam kegiatan sosialisi tersebut sembari memberikan hadiah bagi yang menang oleh Lurah Lokoboko dan kedua narasumber.

Kontributor/editor: ALD

Komentar