oleh

Anggota Pramuka Penegak Bantara SMAN 6 Kupang Dilantik

-News-297 Dilihat

BINTANGFLOBAMORA.Com, Kota Kupang – Anggota Pramuka Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Kupang yang tergabung dalam Ambalan Gugus Depan 237–238 SMAN 6 Kupang, kembali menunjukkan eksistensi dalam kegiatan pembinaan kepramukaan dengan melaksanakan Kemah Pelantikan Pramuka Penegak Bantara.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari, Sabtu hingga Minggu (11-12/6/2022) di Bumi Perkemahan SMA Negeri 6 Kupang, dengan jumlah peserta kurang lebih 78 orang.

Para peserta terdiri dari, calon Penegak Bantara sebanyak 24 orang, penegak bantara 15 orang, penegak laksana 18 orang, Pembina 11 orang serta senior 10 orang.

Pada upacara pembukaan, Lodya Lahtang, S.Pd selaku Pembina Upacara, mengapresiasi dedikasi dan loyalitas anggota pramuka yang telah meluangkan waktu  mengikuti kegiatan perkemahan.

Ia berharap para peserta dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembinaan yang berlangsung.

“Semoga semua proses kegiatan berjalan dengan lancar dan aman, tanpa ada halangan dan rintangan apapun. Selamat mengikuti proses kegiatan. Tetap kompak dan terus menjaga persatuan dan kesatuan diantara kalian,” kata Lodya.

Baca Juga:  Selaraskan Kurikulum di Era Pandemi, SMA Negeri 6 Kupang Gelar IHT

Beberapa agenda yang dilaksanakan dalam kegiatan perkemahan tersebut antara lain, Musyawarah Pembentukan Dewan Kehormatan Gudep 237–238, reshuffle badan pengurus ambalan yang tidak aktif, pengaturan kembali komposisi dari masing–masing Sangga termasuk proses Screening untuk calon Penegak Bantara.

Sesuai rilis yang diterima media, pada pukul 24.30 Wita, calon Penegak Bantara dibagi menjadi dua Sangga, masing-masing terdiri dari sembilan anggota. Mereka harus melewati empat pos yang dijaga para Penegak Laksana.

Calon Penegak Bantara akan diuji dengan berbagai pertanyaan serta uji mental sesuai dengan apa yang mereka pelajari hingga berakhir pada pukul 03.00 dini hari.

Pembina putra, Rekson Reke, S.Pd. memberi pujian kepada para peserta sekaligus mendorong mereka agar selalu memiliki semangat yang tinggi dalam berproses.

“Apa yang kalian dapatkan dan lewati adalah sebuah proses yang berisi perjuangan dan semangat yang bergelora. Ada juga rasa haru, akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan sehingga semua boleh berjalan dengan lancar dan aman,” katanya.

Baca Juga:  Dokter Hermanus Man Raih Penghargaan Lencana Melati di HUT ke-60 Pramuka

Lanjut Rekson, kenaikan tingkat dalam Kepramukaan membutuhkan usaha yang gigih. Agar dapat dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara, peserta harus menyelesaikan seluruh poin yang ada dalam SKU (Syarat Kecakapan Umum) Pramuka Penegak Bantara.

Terdapat 23 nomor ujian, yang terdiri dari berbagai aspek baik kemampuan bertahan hidup (survival skill), keagamaan, sikap dan perilaku, sosial, dan sebagainya.

Pelantikan

Pada Minggu, 12/6/2022 dilaksanakan Upacara Pelantikan Penegak Bantara dimulai. Sebelum prosesi pelantikan dilakukan, calon Penegak Bantara wajib menyelesaikan SKU-nya terlebih dahulu kemudian melewati Sidang Dewan Kehormatan Penegak dan Prosesi Perjalanan Suci.

Upacara pelantikan dihadiri 18 peserta yang akan dilantik, 11 orang pembina dan 16 orang Penegak Laksana. Dihadapan bendera Merah Putih dan dengan mendaraskan Dasa Dharma dan Trisatya, peserta calon Penegak Bantara resmi dilantik menjadi Penegak Bantara Pramuka SMAN 6 Kupang.

Prosesi pelantikan berlangsung sangat sakral dan khidmat. Banyak peserta upacara berlinang air mata, mengingat kembali seluruh tahapan yang telah dilakukan.

Baca Juga:  Hari Lahir Pancasila, Pengurus IMAN Kupang Dilantik

Don Boscho W. Tani S.Pd. selaku ketua Gugus Depan 237–238 SMAN 6 Kupang, mengucapkan proficiat atas pelantikan Penegak Bantara.

“Ini semua tidak terlepas dari dukungan penuh pihak sekolah terutama Kamabigus yang didukung dengan kerja keras para pembina, pembantu pembina, unsur senior serta keterlibatan yang gigih dari berbagai unsur,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan itu merupakan langkah awal bagi seseorang yang tergabung dalam Gerakan Pramuka, khususnya Pramuka Penegak untuk memasuki dunia kepramukaan yang sesungguhnya.

Ia berharap anggota pramuka yang baru dilantik menjadi Pramuka Penegak Bantara, lebih loyal dan semakin menunjukkan eksistensi bakat dan pengetahuannya dalam bidang kepramukaan serta selalu rendah hati.

“Harapan kami, usai pelantikan ini semua anggota pramuka dapat mempertahankan dan terus mengamalkan Dasa Darma Pramuka, dengan tetap menguatkan rasa memiliki terhadap eksistensi dan masa depan pramuka SMAN 6 Kupang,” tutur Don.

Editor : ED

Komentar