oleh

Bantuan Garda NTT Tiba di Lembata

-News, NTT-297 views

Organisasi mahasiswa dan kepemudaan Genta Patriot Muda Nusa Tenggara Timur (Garda NTT) Jakarta menyalurkan bantuan sebanyak 15 ton ke lokasi-lokasi bencana di NTT. Sejak Rabu (28/4), bantuan tersebut telah diterbangkan ke NTT melalui Kupang, selanjutnya didistribusi ke lokasi bencana.

Oleh : AGUNG HERMANUS RIWU, 30 April 2021

BINTANGFLOBAMORA.Com, Lewoleba – Organisasi mahasiswa dan kepemudaan Genta Patriot Muda Nusa Tenggara Timur (Garda NTT) Jakarta menyalurkan bantuan sebanyak 15 ton ke lokasi-lokasi bencana di NTT.

Jumad (30/4/2021), bantuan tersebut telah tiba di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan langsung oleh Koordinator Wilayah Kabupaten Lembata, Choky Askar Ratulela di Bandara Wunopito – Lewoleba, Lembata.

Baca Juga:  10 Ton Bantuan Garda NTT-Jakarta Diterbangkan Hari Ini Ke Lima Kabupaten

“Ya, bantuan sejumlah 1.066 kg sudah sampai. Segera kita tempatkan di posko Garda NTT di Wangatoa,” ungkap Ratulela.

Dia menjelaskan, bantuan tersebut dikirim dari Jakarta melalui lanud Halim Perdana Kusuma menggunakan pesawat Hercules pada Rabu (28/04) ke Lanud Eltari Kupang.

Kemudian dari Kupang dikirim menggunakan pesawat perintis ke Lembata yang difasilitasi oleh Dinas Perhubungan dan Kepala BPBD NTT.

Berdasarkan berita acara penyerahan, bantuan logistik tersebut terdiri dari obat-obatan, beras, mie instan dan pakaian layak pakai.

Baca Juga:  Ojol Mengamuk di Markas Debt Collector, GARDA NTT Angkat Bicara

Selanjutnya, tim Garda NTT wilayah Lembata akan segera mendistribusikan bantuan ke posko-posko yang terdampak bencana agar kebutuhan mereka cepat terpenuhi.

Kerja Keras dan Kerja Sama Garda NTT Di Jakarta

Sekjen Garda NTT, Marlin Bato mengatakan, bantuan dikumpulkan relawan Garda NTT melalui berbagai jejaring relasi dan kenalan juga turun langsung ke jalan-jalan melalui kotak amal.

“Dalam menggalang bantuan, Garda NTT bersinergi dengan berbagai elemen diantaranya Kampus Saint Mary’s, Jakarta Maju Bersama, Kerukunan Anak Ende, Barisan Relawan Bhineka Jaya (Barabaja), Laskar Nusantara (Lanusa), Loyalis Anak Negara Kesatuan Republik Indonesia (LA-NKRI) dan Aksi Baja.”

Baca Juga:  Garda NTT - Jakarta Siap Salurkan 10 Ton Bantuan Untuk Korban Bencana NTT

“Selain itu, ada pula Komunitas Flores Tangerang (Koresta), Komunitas Diaspora NTT Kelapa Gading, Susteran Katedral Jakarta, kelompok mahasiswa STIE Triguna dan Kampus ITB serta individu-individu yang peduli terhadap bencana NTT,” kata Marlin.

Kelompok-kelompok itu bergerak sendiri-sendiri lalu menyalurkan bantuan ke posko Garda NTT.

Lanjutnya, kendati posko induk Garda NTT di Kampus Saint Mary’s Jakarta sudah ditutup secara resmi pada Selasa (20/4/2021), panitia tetap melakukan kordinasi dengan posko di daerah untuk memastikan proses pendistribusian berjalan lancar dan tepat menjangkau masyarakat yang terdampak, sehingga bisa merasakan kehadiran para donator melalui Garda NTT.

Komentar