oleh

Genjot Literasi di Sekolah Alam Manusak, FTBM NTT Donasikan Ratusan Buku

-News, NTT, Pendidikan-104 views

“Konsep wisata ekologi dan edukasi adalah perpaduan yang kuat untuk membentuk karakter anak-anak sejak dini”

BINTANGFLOBAMORA.Com, Kupang – Program gerakan sejuta buku untuk NTT mulai masuk pada tahapan pendistribusian bahan bacaan bagi berbagai komunitas. Gerakan yang digagas Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) NTT, kini menyentuh salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Kupang, tepatnya di Sekolah Alam Manusak.

Pada Minggu (12/9/2021), Pendiri Sekolah Alam Manusak, Yahya Ado menerima kunjungan pengurus FTBM NTT yang dikomandoi langsung oleh Polikarpus Do selaku ketua FTBM. Rombongan FTBM NTT mengelilingi lokasi sekolah yang berlatar alam terbuka tersebut untuk meninjau berbagai fasilitas yang disiapkan.

Baca Juga:  Bantuan Bank Indonesia Bagi Lembaga Pendidikan Menyentuh Hingga Ke Batas Negara

Kepada media, Polikarpus Do menyampaikan, Sekolah Alam Manusak adalah model pendidikan di NTT yang menyatukan konsep pembelajaran dengan alam. Menurutnya, konsep wisata ekologi dan edukasi adalah perpaduan yang kuat untuk membentuk karakter anak-anak sejak dini.

Oleh karena itu, lanjut Polikarpus, pihaknya sangat mendukung pengembangan sekolah alam dalam upaya menyiapkan sarana pendidikan yang memadai bagi warga belajar.

Baca Juga:  Pertama di NTT, FTBM Tingkat Kecamatan Terbentuk di Rote Ndao

“Sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kecakapan literasi warga belajar dan pengunjung di sekolah alam ini, kami membawa sejumlah buku agar bisa mengisi taman bacaan dan pojok-pojok baca yang tersebar hampir di semua lokasi sekolah,” ucap Polikarpus.

Ia juga menjelaskan, salah satu masalah terhambatnya peningkatan literasi di NTT adalah minimnya akses baca. Sehingga FTBM NTT, tegas Polikarpus, akan berjuang melalui gerakan sejuta buku untuk menjawab berbagai kesulitas yang dialami pegiat literasi atau pengelola taman bacaan.

Pada Minggu (12/9/2021), Pendiri Sekolah Alam Manusak, Yahya Ado menerima kunjungan pengurus FTBM NTT yang dikomandoi langsung oleh Polikarpus Do selaku ketua FTBM.

Sementara itu, Yahya Ado mengatakan, sekolah yang didirikannya sudah memiliki taman bacaan dan sejumlah lopo baca. Namun belum memadai dalam hal ketersediaan bahan bacaan.

Baca Juga:  Partai Nasdem Beri Sumbangan Buku ke FTBM NTT

Ia mengucapkan terima kasih kepada FTBM NTT yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan Sekolah Alam Manusak sambil mengangkat kebermanfaatan buku-buku bagi anak.

“Buku-buku yang diberikan akan berguna sebagai wahana bagi anak-anak untuk mengembangkan pengetahuan, mengelola informasi juga sebagai pemantik kreatifitas,” ujar Yahya.

Informasi yang diperoleh media, sebanyak 800 judul buku didonasikan FTBM NTT kepada Sekolah Alam Manusak.

Komentar