oleh

Gerakan Sejuta Buku Segera Diluncurkan di NTT : Memerdekakan Masyarakat Dengan Buku

“Gerakan ini bertujuan memerdekaan masyarakat NTT dengan buku sekaligus menjawab kesulitan akses bahan bacaan yang selama ini dialami

Kererangan Tertulis : ROBERT FAHIK-FTBM NTT, 18 Agustus 2021

BINTANGFLOBAMORA.Com, Kota Kupang – Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) segera meluncurkan program “Gerakan Sejuta Buku untuk NTT”.

Sesuai rilis yang diterima media, FTBM NTT berkolaborasi dengan lembaga terkait di tingkat provinsi NTT yakni, Balai Pengembangan (BP) PAUD dan Dikmas, Kantor Bahasa, LPMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

Baca Juga:  Bantuan Bank Indonesia Bagi Lembaga Pendidikan Menyentuh Hingga Ke Batas Negara

Ketua FTBM NTT, Polikaprus Do, S.S., mengungkapkan, program ini terdiri dari tiga konten utama yakni, pertama, Gerakan Donasi Sejuta Buku untuk NTT.

“Gerakan ini bertujuan memerdekaan masyarakat NTT dengan buku sekaligus menjawab kesulitan akses bahan bacaan yang selama ini dialami oleh TBM-TBM di daerah, perpustakaan, rumah baca, rumah pintar, PKBM, dan Lembaga lainnya yang bergerak di bidang literasi,” katanya.

Konten kedua, lanjut Polikarpus yakni, Aplikasi Bank Buku karya anak-anak NTT. Hal ini dimaksudkan untuk mengidentfitikasi karya-karya buku anak NTT baik di dalam maupun di luar NTT, dan menghimpunnya dalam sebuah aplikasi.

Baca Juga:  Praktisi Pendidikan Non Formal Kritisi Pidato Walikota Kupang di Hardiknas

Konten ketiga adalah Gerakan NTT Menulis. Tujuannya membudayakan literasi menulis bagi seluruh masyarakat NTT baik di tingkat pendidikan formal maupun pendidikan nonformal seperti komunitas, TBM atau PKBM.

“Program ini dalam rangka mempercepat atau akselerasi gerakan literasi di NTT agar mampu mewujudkan masyarakat yang literat,”

“Selain itu, kita ingin menjadikan NTT sebagai provinsi literasi,” terang Polikarpus.

Untuk mensukseskan tujuan tersebut, pihaknya meminta dukungan dari seluruh masyarakat, komunitas, pegiat literasi, sastrawan, budayawan, jurnalis, dan pemerhati pendidikan.

Baca Juga:  Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang Dukung YASPORA Bangun Literasi di NTT

“Kami membutuhkan dukungan semua pihak untuk bersama-sama mensukseskan gerakan ini. Mari kita bersama, bersatu untuk meweujudkan NTT bangkit, NTT sejahtera,” tegas Polikarpus.

Peluncuran program “Gerakan Sejuta Buku untuk NTT” direncanakan akan digelar secara virtual pada Kamis, 19/08/2021.

Talkshow bertema “Berdaya dengan Buku,” akan menjadi pembuka seluruh rangkaian kegiatan. Narasumber yang akan dihadirkan berasal dari lembaga pemerintahan tingkat provinsi NTT antara lain, BP PAUD dan Dikmas, Kantor Bahasa, LPMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, dan FTBM NTT sendiri selaku penyelenggara.

Komentar