oleh

GSMB Didukung Pemkot Kupang, Merambah Pendidikan Non Formal

-News, NTT, Pendidikan-348 views

GSMB Nasional adalah
program pengembangan literasi sekolah, yang memberikan fasilitas kepada peserta didik dan guru jenjang SD, SMP, SMA atau sederajat untuk dapat menerbitkan buku ber-ISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta menperoleh kesempatan terlibat dalan kompetisi berliterasi paling di tingkat nasional.

Oleh: Ardi Leo Du, 7 Juni 2021

BINTANGFLOBAMORA.COM-Kota Kupang-Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Program Gerakan Sekokah Menulis Buku (GSMB) Nasional di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami dalam pertemuannya dengan Kandidat Sosialisator Penggerak Literasi (KSPL) Nasional, Agung Hermanus Riwu, Senin (7/6/2021) siang.

“Ini merupakan hal baik. Kami akan memfasilitasi ruang sosialisasi bagi penggerak literasi nasional bertemu dengan kepala sekolah di tingkat SD dan SMP se-Kota Kupang,” kata Dumuliahi di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, sosialisasi tersebut akan dijadwalkan pada Senin (14/6/2021). Mengingat masih pada masa pandemi Covid-19, kegiatan tersebut akan dilaksanakan per gelombang dengan menerapkan protokoler kesehatan.

Baca Juga:  Stasiun KIPM Kupang Bantu Ikan Segar Untuk Warga

Lebih lanjut ia mengharapkan, sekolah-sekolah di Kota Kupang dapat berpartisipasi dalam kegiatan program GSMB yang menurutnya dapat memberikan pengaruh positif bagi pengembangan diri peserta didik, guru dan sekolah dalam rangka meningkatkan budaya literasi di sekolah.

Sementara itu, Agung Hermanus Riwu menjelaskan, GSMB Nasional adalah
program pengembangan literasi sekolah, yang memberikan fasilitas kepada peserta didik dan guru jenjang SD, SMP, SMA atau sederajat untuk dapat menerbitkan buku ber-ISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta menperoleh kesempatan terlibat dalan kompetisi berliterasi paling di tingkat nasional.

“GSMB merupakan solusi sekaligus ruang untuk meningkatkan kualitas budaya literasi sekaligus memajukan mutu pendidikan secara efektif dan efisien,” ucap Agung yang juga merupakan ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Kupang.

Ia mengajak sekolah-sekolah di Kota Kupang dapat berpartisipasi menjadi bagian dalam upaya menyalakan masa depan bangsa.

*Mengajak Pendidikan Non Formal*

Usai bertemu Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, KSPL Nasional, Agung Hermanus Riwu, diterima Ketua Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kota Kupang, Polikarpus Do, di ruang kerjanya.

Baca Juga:  Kadis Pendidikan Kota Kupang Beri Apresiasi Sekolah Pelaksana GSMB

Dalam kesempatan itu, Agung memberikan gambaran tentang GSMB sekaligus mengajak Satuan Pendidikan Non Formal (SPNF) ikut dalam program tersebut guna memberikan warna yang khas dalam mensukseskan GSMB di Kota Kupang.

Menanggapi ajakan tersebut, Polikarpus Do menyatakan kesiapan lembaga PKBM yang dipimpinnya untuk berpartisipasi sekaligus mendukung keterlibatan SPNF dalam program GSMB.

Pengurus FTBM Kota bertemu Ketua FK PKBM Kota Kupang

“Sebagai ketua PKBM Bintang Flobamora, kami akan mendaftar menjadi peserta GSMB dan sebagai ketua Forum Komuniiasi PKBM Kota Kupang, saya akan mengajak rekan-rekan pimpinan PKBM agar lembaganya juga meramaikan program GSMB,” tegasnya.

Menurutnya, GSMB mempunyai pengaruh yang besar bagi kemajuan literasi di Kota Kupang. Ia berpendapat, GSMB merupakan gerakan literasi sekolah yang akan menularkan virus positif kepada keluarga dan masyarakat.

“Kita tahu, komponen gerakan literasi nasional adalah keluarga, sekolah dan masyarakat. Saya yakin anak-anak dan guru yang dibina melalui GSMB akan memberikan dampak baik kepada anggota keluarga dan lingkungan masyarakat,”

“Dengan begitu, program ini dapat membantu mewujudkan terbentuknya masyarakat yang literat, baik di Kota Kupang maupun NTT secara umum,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ketua FTBM Kota Kupang Ungkap Keanehan Indonesia Dan Ajak OKP Galakan Rantangan Ilmiah

*FTBM Kota Kupang Siap Membantu*

Salah satu pengurus FTBM Kota Kupang, Emanuel Layar menyatakan, siap mendukung pelaksanaan GSMB di Kota Kupang.

Menurutnya, sebagian besar pengurus FTBM yang merupakan guru di berbagai satuan pendidikan di Kota Kupang, wajib menjadi penggerak di sekolah masing-masing.

“Selain menawarkan beragam fasilitas, GSMB adalah ruang ekspresi dan berkarya bagi peserta didik. Betapa bahagianya anak-anak kita dapat memiliki buku yang memuat hasil tulisannya,”

“Saya yakin para orang tua pun pasti senang dan mendukung. Oleh karena itu, saya mengajak rekan-rekan pengurus FTBM, harus menjadi penggerak di sekolahnya,” ujar guru SDK Sta. Maria Assumpta tersebut.

Sesuai juknis yang berhasil diperoleh media Bintangflobamora.com, seluruh sekolah yang menjadi peserta program akan difasilitasi dan bertualang bersama serangkaian kegiatan yang meliputi: Workshop dan Sertifikasi Kompetensi, Penulisan dan Perlombaan Literasi, Penerbitan dan Percetakan Buku Ber-ISBN, Fasilitas Pembuatan dan Pengelolaan Website Literasi Sekolah, Konsultasi dan Pengembangan Program Literasi, Seminar Nasional dan Sarasehan, Penganugerahan Penghargaan dan Hadiah Ratusan Juta Rupiah, serta Acara Puncak Festival Literasi Nasional Tahun 2022.

Komentar