oleh

Guru Payung Pelindung Bagi Anak Negeri

Oleh : RHAY JADHA

Guru sosok mulia dalam berbagi rasa dan pengetahuan.

Dalam kehidupan saat ini, di zaman perubahan yang sangat cepat, kemajuan teknologi dan informasi semakin maju, sosok guru tetap menjadi sosok pendidik yang sederhana dalam membangun, menjaga serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang baik.

Pengetahuan yang diberikan menjadi bekal dalam mengarungi perjalanan panjang kehidupan yang penuh dinamika.

Guru adalah payung pelindung pengetahuan yang menjadi kebutuhan dalam diri setiap generasi agar mampu memilah yang baik bagi diri dan juga sosial masyarakat.

Baca Juga:  Berdaya Dengan Buku

Tak bisa dipungkiri, saat ini hujan badai budaya luar serta tawaran kemajuan teknologi yang deras membasahi diri setiap insan, terutama anak-anak sebagai generasi penerus.

Menjadi pertanyaan besar siapakah sosok bertanggungjawab atas panggilan profesi untuk menahan serta memberi perlindungan bagi generasi mudah?

Guru sosok ikhlas yang senantiasa menjadi payung demi melindungi anak- anak dari terpaan hujan badai di tengah globalisasi.

Selain memiliki rasa tanggung jawab mengajar dan berbagi pengetahuan, guru juga adalah sosok malaikat dalam pembentukan karakter yang baik bagi anak- anak.

Baca Juga:  Laksanakan Akreditasi Sekolah, SMAN 1 Mauponggo Berbenah Diri

Guru menjadi contoh dan teladan bagi siswa, tak cukup hanya kecerdasan pengetahuan tetapi juga harus diimbangi dengan kecerdasan emosional dan karakter yang baik.

Karakter yang baik mesti harus diperhatikan dari anak usia dini sehingga kelak tak ada kata terlambat dalam membentuk pribadi yang beretika dan bermoral.

Pengabdian guru yang begitu mulia merupakan bentuk kepedulian terhadap kemajuan suatu bangsa baik kemajuan sumber daya manusia maupun dibidang kehidupan masyarakat.

Tak ada kata lelah ataupun putus asa, yang ada dalam hati adalah kesabaran dalam membentuk manusia- manusia generasi emas 2045.

Baca Juga:  Literasi Cermin Kualitas Diri : Mindset dan Atitude

Karakter dan latar belakang anak didik yang beragam dengan berbagai cerita kehidupan yang berbeda, datang belajar dalam satu ruang yang mana itu menjadi tantangan kesabaran, kerja keras dan juga keikhlasan bagi guru untuk mencerdaskan anak bangsa, dari pengetahuan, keterampilan hingga pembentukan karakter yang baik.

Pada dasarnya perbedaan itu adalah suatu keindahan ditengah keberagaman dan bukan perbedaan menjadi alat untuk saling menjatuhkan dan membenci.

Selamat Hari Guru Nasional 2021
Tuhan Memberkati Semua Guru di Indonesia

Komentar