oleh

Instruksi Jokowi Ketika Mengunjungi Korban Bencana Flores Timur Dan Lembata

-Nasional, News, NTT-389 views

BINTANGFLOBAMORA.Com, FloresTimur & Lembata, – Presiden Joko Widodo meninjau lokasi bencana akibat Badai Siklon Tropis Seroja di Kabupaten Lembata dan Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Jumat (9/4/2021).

Ketika tiba di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Lembata, Presiden mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya melakukan penanganan bencana secepat mungkin. Termasuk mencari warga yang masih dinyatakan hilang.

Jokowi mengatakan berdasarkan laporan yang diterimanya, 163 orang dinyatakan meninggal di NTT dan 45 lainnya hilang akibat bencana longsor, banjir bandang, gelombang tinggi yang diakibatkan Badai Siklon Tropis Seroja.

Baca Juga:  Warga Turunalu Gotong Royong Bersihkan Tumpukan Longsor

“Kalau kita lihat di lapangan memang keadaannya bebatuan, batu yang besar, yang itu sangat menyulitkan juga alat-alat berat kita, tetapi tadi sudah saya perintahkan agar terus dicari dan ditemukan yang masih hilang 45 orang,” katanya.

Ketika berada di Pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur, Presiden mengatakan total korban yang meninggal dunia di Kabupaten Flores Timur mencapai 71 orang.

Baca Juga:  Cahaya Kasih Menteri Bintang Sinari Hati Josh Rehan

“Khusus di Kabupaten Flores Timur yang meninggal dunia ada 71 orang,  dan masih dalam pencarian 5 orang,” imbuhnya.

Jokowi juga berjanji, masyarakat di Adonara dan Lembata yang tertimpa musibah akan di relokasi. Terkait dengan tempat relokasi, Jokowi meminta Bupati dan Gubernur untuk segera menentukan lokasi agar kementrian PU dapat membangun rumah bagi korban bencana.

Baca Juga:  PPKM Darurat Resmi Dilonggarkan Mulai 26 Juli 2021

“Tapi yang jelas kementerian PU siap untuk membangun rumahnya, secepat-cepat nya,” ujarnya.

Tidak lupa Presiden mengingatkan kepada masyarakat di lokasi terdampak bencana untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saya melihat yang berkumpul di sini banyak sekali, hati-hati protokol kesehatan semua pakai masker, ya, agar yang namanya Covid-19 tidak semakin menyebar di mana-mana utamanya di Nusa Tenggara Timur,” tegasnya. (AGN)

Komentar