oleh

Italia Hancurkan Turki Dalam Laga Perdana Euro 2020

-News, Olahraga, Umum-91 views

Laga pembuka tunamen sepak bola antar negara-negara Eropa, Euro 2020, mempertemukan Turki vs Italia. Pertadingan penyisihan di Grup A itu dihelat di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) pukul 03.00 WITA.

Oleh: AGUSTINUS NAGI, 12 Juni 2021

BINTANGFLOBAMORA.com, Roma Laga pembuka tunamen sepak bola antar negara-negara Eropa, Euro 2020, mempertemukan Turki vs Italia. Pertadingan penyisihan di Grup A itu dihelat di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) pukul 03.00 WITA.

Di atas kertas, Italia memang jauh lebih unggul dari Turki.

Tampil dominan dan menekan sejak kick off babak pertama, Italia hancurkan Turki tiga gol tanpa balas.

Tiga gol kemenangan Italia tercatat atas bunuh diri Merih Demiral (53′), Ciro Immobile (64′) dan Lorenzo Insigne (79′).

Jalannya Pertandingan

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, anak asuhan Roberto Mancini langsung unjuk diri sebagai tim yang lebih superior sejak awal pertandingan. Mengandalkan Lorenzo Insigne, Ciro Immobile, dan Domenico Berardi di lini depan. Mereka berusaha membongkar rapatnya pertahanan Turki yang langsung menerapkan permainan bertahan.

Baca Juga:  FINAL EURO 2020, Football Come Home or To Rome?

Tidak begitu banyak peluang yang tercipta di awal permainan.

Gli Azzurri baru mendapatkan peluang di menit ke-22. Berawal dari sepak pojok Lorenzo Insigne, Giorgio Chiellini mengarahkan bola ke gawang Turki dengan sundulannya. Sayangnya gol gagal tercipta karena upaya sang kapten mampu dihalau Ugurgan Cakir dengan baik.

Sementara Turki tampak kesulitan melakukan serangan. Tim asuhan Senol Gunes itu jauh lebih sering bertahan karena memang Italia lebih banyak menguasai perolehan bola.

Turki mendapat satu peluang lewat Ozan Tufan di menit ke-35 saat menyambut crossing dari sisi kiri, tapi Gianluigi Donnarumma dengan cepat membuang bola tersebut.

Italia berhasil melepaskan total 14 tembakan selama pertandingan berlangsung namun hanya menemui sasaran sebanyak tiga kali. Babak pertama berakhir dengan kedudukan imbang 0-0.

Baca Juga:  Catat! Berikut Jadwal Lengkap Euro 2020

Memasuki babak kedua Italia tidak menurunkan tempo permainan. Italia akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-53. Berawal dari manuver Domenico Berardi dari sisi kanan dan langsung melepaskan umpan silang. Ada Merih Demiral yang coba menghalau tapi malah memasukkan bola ke gawang sendiri.

Gol pertama Italia tercipta pada menit ke-53 setelah bek Turki Merih Demiral melakukan gol bunuh diri saat mengantisipasi umpan silang Domenico Berardi (foto: REUTERS/Andrew Medichini)

Italia menciptakan banyak peluang berbahaya di babak kedua. Satu menit selang gol pertama, Leonardo Spinazzolla memberikan ancaman ke gawang Turki lewat tembakan jarak dekat yang untungnya bisa dihalau Cakir.

Italia memperbesar keunggulan pada menit ke-66. Gol diawali serangan yang dibangun di sisi kanan. Nicolo Barella memberikan bola kepada Berardi dan dituntaskan dengan crossing ke tiang jauh.

Spinazzola menerimanya dan langsung menembak dengan kaki kiri. Bola ditepis Cakir, tapi dengan cepat disambar Immobile untuk jadi gol kedua Italia.

Baca Juga:  FINAL EURO 2020, Football Come Home or To Rome?
Italia mencetak gol kedua melalui gol Ciro Immobile pada menit ke-66 memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Leonardo Spinazzola (foto: REUTERS/Mike Hewitt)

Tuan rumah menambah lagi gol pada menit ke-79 yang diawali kesalahan Cakir dalam membuang bola yang jatuh di kaki Berardi. Berardi lantas mengoper kepada Barella, lalu ke Bryan Cristante sebelum dituntaskan lewat sepakan ke tiang jauh oleh Lorenzo Insigne.

Gol ketiga Italia diciptakan Lorenzo Insigne pada menit ke-79 setelah menerima umpan Ciro Immobile (foto: REUTERS/Mike Hewitt)

Laga berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Gli Azzurri.

Susunan Pemain

Turki (4-1-4-1): Ugurcan Cakir; Mehmet Zeki Celik, Merih Demiral, Caglar Soyuncu, Umut Meras; Okay Yokuslu (Irfan Can Kahveci 65′); Kenan Karaman (Halil Dervisoglu 76′), Ozan Tufan (Kaan Ayhan 64′), Yusuf Yazici (Cengiz Under 46′), Hakan Calhanoglu; Burak Yilmaz.

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Alessandro Florenzi (Giovanni Di Lorenzo 46′), Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Leonardo Spinazzola; Nicolo Barella, Jorginho, Manuel Locatelli (Bryan Cristante 74′); Domenico Berardi (Federico Bernardeschi 85′), Ciro Immobile (Andrea Belotti 81′), Lorenzo Insigne (Federico Chiesa 81′).

 

Komentar