oleh

Langkah Cerdas IM-LITRA Kupang Membangun Desa

-News, NTT-317 views

“Saya sangat mengharapkan TBM ini terus ada dan harus berkembang. Kami akan terus mendukung, dan harus menciptakan program-program yang berlian, agar kelak menjadi tempat belajar yang baik bagi masyarakat demi kehidupan yang lebih baik”

Oleh : Rhay Jadha, 4 Agustus 2021
Editor : Ardi Leo Du

BINTANGFLOBAMORA.COM, Ende – Langkah cerdas membangun Desa, Ikatan Mahasiswa Lio Utara (IM LITRA) Kupang membangun Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Rumah Pintar Generasi NIDA.

Pembangunan TBM ini dikemas dalam satu rangkaian kegiatan program kerja Pekan Pengabdian Masyarakat (PPM) pada periode kepengurusan 2020/2021 sebagai perwujudan kepedulian terhadap kualitas sumber daya manusia.

Sesuai keterangan tertulis yang diterima oleh media Bintangflobamora.com, Ketua Panitia Pelaksana Makarius Budi Utomo menjelaskan bahwa terbentuknya TBM ini atas kerja sama dengan semua pihak dan sebagai salah satu bentuk kepedulian.

Baca Juga:  Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang Dukung YASPORA Bangun Literasi di NTT

”Kami dari organisasi IM LITRA Kupang bertekad membangun sebuah taman bacaan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap pembangunan manusia. Oleh karena itu wujud komitmen kami bekerja sama dengan YASPORA NTT, FTBM NTT dan juga FTBM Kabupaten Ende untuk memohon dukungan terhadap niat baik ini,” ucap Budi Utomo.

Tidak lupa juga ungkapan terimakasih dari organisasi mahasiswa Lio Utara ini kepada semua pihak yang telah terlibat langsung dalam pembangunan TBM di Desa Nida.

“Kami menyampaikan ucapan limpah terimakasih kepada badan pengurus IM LITRA, Panitia Pelaksana PPM , Komunitas Generasi Nida, pihak pemerintahan Desa Nida dan juga seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembentukan taman bacaan ini, serta dukungan dari YASPORA NTT, FTBM NTT dan juga FTBM Kabupaten Ende,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pertama di NTT, FTBM Tingkat Kecamatan Terbentuk di Rote Ndao

Sementara itu dalam acara seremoni peresmian Taman Bacaan Masyarakat Desa Nida, Ketua Forum TBM Kabupaten Ende Umar Hamndan, menaruh sebuah harapan besar kepada pengelola TBM tersebut.

“Saya sangat mengharapkan TBM ini terus ada dan harus berkembang. Kami akan terus mendukung, dan harus menciptakan program-program yang berlian, agar kelak menjadi tempat belajar yang baik bagi masyarakat demi kehidupan yang lebih baik,” harap Umar.

Baca Juga:  Hadiri Pelantikan Pengurus FTBM, Polikarpus Do Provokasi Masyarakat Sabu Raijua

Untuk diketahui bersama bahwa Taman Bacaan Masyarakat Rumah Pintar Generasi Nida merupakan salah satu TBM pertama di Kecamatan Detukeli, Kabupaten Ende, yang diresmikan langsung oleh Ketua Forum TBM Kabupaten Ende Umar Hamdan, pada Selasa (3/8/2021) di desa Nida.

Momentum peresmian tersebut disaksikan oleh pihak Pemerintah Desa Nida, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan juga Komunitas Anak Muda Nida (NGC).

Semua rangkaian acara peresmian TBM tersebut ditutup dengan GARE BEGO LITERASI, yang kemudian menjadi ruang terbuka dalam menceritakan tentang Desa Nida dalam prespektif literasi budaya, adat istiadat, kehidupan sosial, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

Komentar