oleh

Memperingati BKSN 2022 SMPK Giovanni Gelar Perlombaan, Bunda Maria Beri Tanggapan

-News-206 Dilihat

BINTANGFLOBAMORA.Com, Kota Kupang – Dalam rangka memperingati Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2022, Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Giovanni Kupang menggelar aneka lomba.

Pelaksanaan lomba pada bulan September ini diikuti peserta didik SMPK Giovanni dan berlangsung di halaman sekolah, Sabtu 24 September 2022 pagi.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala SMPK Giovanni, Romo Joannes Paulus Bria, Pr, S.Fil, M.M.

Dalam sambutannya, Romo yang karib disapa Romo Jobri mengajak semua peserta didik dengan gembira menghayati kitab suci dan mengenal secara dekat ajaran agama katolik.

Kepala SMP Katolik Giovanni Kupang, Rm. Joannes Paulus Bria, Pr, S.Fil, M.M.

“Sesuai tema BKSN tahun ini yakni, Allah Sumber Harapan Hidup Baru, kita dipanggil untuk menghayati dan mengenal kitab suci kemudian dengan gembira mengamalkan dalam tugas dan tanggung jawab kita masing-masing,”

Baca Juga:  Transformasi Aloysius Menjadi Guru Moderen

“Mari merenungkan kembali sosok Allah sebagai sumber harapan hidup baru bagi orang beriman,” katanya.

Romo Jobri melanjutkan, perlombaan ini diselenggarakan sebagai bentuk peran aktif SMPK Giovanni Kupang dalam acara keagamaan yang diperingati secara nasional.

Diikuti Peserta Didik Katolik dan Protestan

Foto bersama para Guru Agama, para Dewan Juri Perlombaan dan Romo Kepala Sekolah

Kordinator mata pelajaran Agama Katolik SMPK Giovanni, Nikodemus Banase, S.Ag, mengatakan, pada tahun ini peserta didik di sekolah tersebut mengisi dan memaknai Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2022 dengan aneka perlombaan.

Baca Juga:  Jelang PTM, Puskesmas Kupang Kota Vaksinasi Guru SMPK Giovanni

Nikodemus menjelaskan, BKSN merupakan manifestasi dari Konsili Vatikan yang dilaksanakan pada tahun 1962-1965. Dalam konsili itu dihasilkan sebuah dokumen yang berisi tentang Kitab Suci dimana mulai dilakukan langkah-langkah agar semakin banyak orang yang dapat mengakses kitab suci. Dokumen itu kemudian diberi nama Dei Verbum. Dokumen ini mengajak untuk semakin banyak orang yang membaca kitab suci.

“SMPK Giovanni merespon bulan khusus ini dengan membuat lomba yang mengangkat sub tema, Jadikan Kitab Suci Sebagai Sumber Harapan Hidup Baru,” kata Niko.

Baca Juga:  SDK St. Yoseph 5 Kuaputu Kabupaten Kupang Porak-Poranda

Dirincikannya lagi, masing-masing kelas, secara internal, mengutus peserta didik yang beragama Katolik dan Protestan untuk mengikuti lomba lektor, mazmur serta kuis kitab suci.

Bunda Maria Senang

Bunda Maria, Santa Maria dan Reinha Rosari, tiga kakak beradik yang sedang bersekolah di SMPK Giovanni. Ketiganya menjadi peserta lomba BKSN 2022 tingkat sekolah.

Salah satu peserta lomba mazmur, Bunda Maria Seluru mengaku senang dan bangga boleh berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan.

“Saya senang dan bangga. Melalui kegiatan ini kami diajak untuk mengenal dan dekat dengan kitab suci,” ungkap Bunda.

Ia menyatakan, wajib hukumnya bagi umat Katolik menghayati kitab suci sebagai pedoman hidup. Menurutnya, sekolah sangat hebat mengajak peserta didik terlibat melalui kegiatan yang gembira dan menyenangkan.

Komentar