oleh

Pilkades Boti TTS Berjalan Lancar, Simak Pernyataan 4 Kandidat

-News, NTT-260 Dilihat

BINTANGFLOBAMORA.Com, TTS – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Boti, Kecamatan Kie, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Senin, 25 Juli 2022 berlangsung aman dan lancar. Pantauan media pada pukul 09.30 Wita, masyarakat dari empat dusun telah memenuhi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terletak tepat di depan kantor desa setempat.

Satu per satu nama warga dipanggil panitia Pilkades untuk masuk ke bilik suara.

Ketua panitia Pilkades Boti, Sigmund A. N. Isu menyampaikan jumlah pemilih dalam Pilkades Boti tahun 2022 sebanyak 1.550 pemilih.

“Tahun ini ada peningkatan jumlah pemilih karena di Pilkades sebelumnya hanya sekitar 1200-an,” kata Isu di sela kesibukannya menyiapkan surat suara.

Ketua panitia Pilkades Boti, Sigmund A. N. Isu

Ia belum bisa memastikan berapa presentase tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkades. Tetapi berkaca pada Pilkades sebelumnya, partisipasi masyarakat mencapai 90 persen. Dengan melihat antusias masyarakat, ia meyakini partisipasi di Pilkades Boti kali ini, bisa sama atau lebih tinggi dari sebelumnya.

Baca Juga:  FKUB Ajak Warga Jaga Silaturahmi dan KANTIBMAS

Isu berharap, masyarakat dapat mengikuti pesta demokrasi ini dengan aman dan tertib serta mempercayakan seluruh proses kepada pihak penyelenggara sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Pilkades Boti tahun 2022 mengambil tema, “Em Het Pil Atukus Pah Ma Nifu, Ma Al Kit Panat Lais Manekat.” Artinya, marilah kita memilih pemimpin di tanah air kita, dan kita semua jaga hal kasih.

Empat Kandidat Siap Bangun Desa Boti

Pilkades Boti diramaikan empat calon yakni calon nomor urut satu, Johanis Imanuel Benu, nomor urut dua Yusuf Benu, nomor urut tiga Balsasar O.I. Benu (incumbent), dan nomor urut empat Nicodemus Natonis.

Baca Juga:  Perkara Pengangkatan Perangkat Desa Tubuhue TTS, Dimenangkan James Putu

Kepada media, keempat kandidat kepala desa Boti secara singkat menyampaikan niat mereka jika mendapat kepercayaan masyarakat. Berikut petikan pernyataan mereka :

“Saya siap membangun Boti dengan ikhlas demi masa depan dan kesejahteraan Boti,” kata Johanis Imanuel Benu.

“Saya mau meningkatkan proses pembangunan di desa Boti ini,” kata Yusuf Benu

“Tujuan saya, membangun desa dan masyarakat Boti lebih sejahtera dari yang sekarang,” kata Nicodemus Natonis.

“Sebagai incumbent, saya sifatnya melanjutkan. Program yang akan saya kembangkan lebih luas adalah peningkatan ekonomi melalui kelompok tani dan tenun juga sektor pariwisata, saya akan perjuangkan agar desa Boti mendapat pengakuan resmi dari pemerintah sebagai desa adat,” kata Balsasar O.I. Benu.

Baca Juga:  Sepekan Gelar KKBM, KMK Hukum Undana Minta Pemda TTS Atasi 4 Masalah di Desa Bone

TNI dan Polri Siaga di Lokasi

Lokasi pemungutan suara di desa Boti dijaga aparat TNI dan Polri, Demitris A. Manek dan Aipda Yeri Kase.

Kordinasi kedua satuan telah terbangun jauh hari sebelum Pilkades berlangsung. Menurut pengakuan Demitris A. Manek, hingga hari ini, tidak ditemukan indikasi kekacauan atau perselisihan.

“Desa Boti ini desa yang paling aman. Masyarakatnya tertib sehingga tidak akan ada kekacauan. Sekalipun sebentar ada perayaan dari kandidat yang menang, kami pastikan situasi akan tetap kondusif karena selama ini memang suasana desa selalu aman,” kata aparat TNI yang karib disapa Manek.

Hingga berita ini diterbitkan, proses pemungutan suara Pilkades Boti masih sedang berlangsung aman dan lancar.

Penulis : AHR

Komentar