oleh

PPKM Darurat Resmi Dilonggarkan Mulai 26 Juli 2021

“Kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati–hati”

Oleh : REDEM UKAT, 25 Juli 2021

BINTANGFLOBAMORA.COM, Jakarta Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan pelonggaran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Minggu, 25/07/2021 di Istana Merdeka. Pengumuman tersebut disampaikan secara langsung oleh presiden sendiri melalui kanal instagram Sekretariat Kabinet.

Dalam pernyataan pers itu presiden menyampaikan bahwa PPKM level 4 akan diberlakukan mulai dari tanggal 26 Juli sampai dengan tanggal 2 Agustus 2021. Kebijakan tersebut diambil setelah Presiden dan jajarannya mempertimbangkan sejumlah hal, baik aspek kesehatan, aspek ekonomi hingga dinamika sosial.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan tanggal 2 Agustus 2021. Namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati–hati,” ujar Presiden.

Baca Juga:  Jokowi Serahkan Bonus Bagi Atlet yang Berlaga di Olimpiade Tokyo 2020

Lebih lanjut Presiden menyampaikan bahwa pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan pasar rakyat  yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa dibuka dengan kapasitas maksimum 50% sampai dengan pukul 15.00 dimana pengaturan lebih lanjut dilakukan oleh Pemda.

Tak hanya itu presiden juga menyebut beberapa jenis usaha kecil yang biasanya beroperasi di ruang terbuka seperti warung makanan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diijinkan dibuka sampai pukul 20.00 dengan maksimum waktu makan atau kunjungan 20 menit  dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga:  Jalankan PPKM Level 4, Pemkab Sumba Timur Lakukan Pengawasan Tingkat RT

“Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diijinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit,” kata Joko Widodo.

Sebelum pernyataan pers ini, pada tanggal 22 Juli 2021 yang lalu Presiden sudah sempat menjanjikan kepada masyarakat untuk melonggarkan PPKM darurat apabila ada penurunan kasus Covid–19.

Dengan adanya pelonggaran PPKM yang dilakukan pemerintah pada tanggal 26 juli besok, secara eksplisit pemerintah juga menyampaikan kepada masyarakat Indonesia khususnya daerah–daerah yang sedang  menerapkan PPKM bahwa telah terjadi penurunan kasus yang signifikan sejak pemberlakuan PPKM pada tanggal 3 Juli 2021 yang lalu.

Baca Juga:  Pemerintah RI Gunakan Teknologi Ini Untuk Pantau Pergerakan Warga

Sesuai data yang disampaikan Presiden, saat ini telah terjadi tren perbaikan dalam pengendalian pandemi Covid-19. Laju penambahan kasus, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau BOR dan positivity rate mulai menunjukan tren penurunan seperti yang terjadi di beberapa Provinsi di Pulau Jawa.

Selain itu pernyataan pers yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo ini memberikan angin segar bagi masyarakat Indonesia khususnya pelaku usaha kecil dan mikro yang mendapatkan imbas penerapan kebijakan PPKM. Dengan pelonggaran ini mereka sudah bisa berjualan kembali, roda ekonomi mereka akan mulai berputar lagi, dan harapan hidup mereka kembali bangkit.

Komentar