oleh

Pulau Padar Selatan Kembali Dibuka, Ini Syaratnya Jika Ingin Berwisata

Balai Taman Nasional Komodo telah menutup sementara Resort Padar Selatan sejak tanggal 5 Juli 2021. Penutupan ini dimaksudkan sebagai bentuk evaluasi dan tindak lanjut untuk meminimalisir dampak risiko penyebaran dan penularan COVID-19 di dalam kawasan. Kini destinasi wisata Padar Selatan telah dibuka kembali untuk wisatawan yang ingin berkunjung.

Oleh: AGUSTINUS NAGI, 24 Juli 2021

BINTANGFLOBAMORA.com, Labuan Bajo Balai Taman Nasional Komodo telah menutup sementara Resort Padar Selatan sejak tanggal 5 Juli 2021. Penutupan ini dimaksudkan sebagai bentuk evaluasi dan tindak lanjut untuk meminimalisir dampak risiko penyebaran dan penularan COVID-19 di dalam kawasan.

Kini destinasi wisata Padar Selatan telah dibuka kembali untuk wisatawan yang ingin berkunjung.

“Balai Taman Nasional Komodo membuka kembali Obyek Wisata Alam Padar Selatan untuk kunjungan wisatawan pada tanggal 19 Juli 2021,” tulis Balai Taman Nasional Komodo di akun Instagram resminya.

Baca Juga:  10 Kabupaten di NTT Masuk Target Pelaksanaan Digitalisasi Destinasi Pariwisata Prioritas

“Balai Taman Nasional Komodo hanya menyediakan kuota kunjungan sebesar 300 orang perhari dengan tiga pembagian waktu: (05:30-07:30), (08:00-10:00), dan (15:00-18:00),” demikian pernyataan Balai Taman Nasional Komodo.

Meskipun telah dibuka, pihak Balai Taman Nasional Komodo meminta kepada wisatawan dan pelaku wisata agar mematuhi beberapa kewajiban atau peraturan terbaru.

Hal tersebut tertulis dalam Surat Keputusan Kepala Balai Nomor: SK.91/T.17/TU/REN/7/2021 tanggal 12 Juli 2021 tentang Protokol Kunjungan Obyek Wisata Alam Padar Selatan SPTN Wilayah III Balai Taman Nasional Komodo.

Adapun ketentuan penerapan protokol kunjungan ke Padar Selatan antara lain:

Pertama, aturan jam masuk (timed entry)
Terdapat tiga pembagian jam kunjungan bagi wisatawan yakni, 05.30-07.30 wita, kemudian 08.00-10.00 wita, dan terakhir 15.00-18.00 wita. Ini dilakukan untuk menghindari penumpukan dan kerumunan.

Kedua, pemberlakuan kuota penunjung.
Kuota pengunjung pada objek wisata alam Padar Selatan hanya sebesar 300 orang/hari melalui sistem registrasi online lewat situs https://booking.labuanbajoflores.id/. Hal ini dilakukan mengingat hanya ada satu jalan trekking di Padar Selatan sepanjang kurang lebih 522 meter.

Ketiga, adanya pengaturan kelompok.
Wisatawan hanya memiliki waktu paling lama 10 menit untuk beraktivitas di Puncak Padar Selatan. Wisatawan juga akan diatur dengan jumlah maksimal lima orang dalam satu kelompok/keluarga/komunitas.

Keempat, diberlakukan screening check.
Petugas akan melakukan pemeriksaan kilat (screening check) pada seluruh wisatawan di dermaga kedatangan. Wisatawan dengan suhu di atas normal akan diminta untuk tetap di kapal. Wisatawan juga wajib menggunakan masker atau face shield.

Kelima, menjaga jarak.
Wisatawan diminta untuk selalu menjaga jarak antar sesama minimal satu meter saat trekking.

Keenam, penerapan protokol kesehatan bagi wisatawan.
Wisatawan harus membawa dan menunjukan dokumen-dokumen:

  1. Surat keterangan bebas COVID-19 yang masih berlaku berdasarkan hasil Tes Polymerase Chain Reaction (PCR)/Rapid Test Antigen (Negatif) bagi wisatawan nusantara luar provinsi atau wisatawan mancanegara;
  2. Surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) dari rumah sakit atau puskesmas setempat bagi wisatawan asal wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dokumen tersebut wajib ditunjukan kepada petugas Balai Taman Nasional Komodo saat screening check di gerbang masuk. Wisatawan yang tidak memiliki dokumen tersebut di atas dan/atau memiliki suhu tubuh > 37.3 derajat Celsius tidak diperbolehkan memasuki situs-situs di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.
  3. Membawa peralatan pribadi seperti botol minum/tumbler dan hand sanitizer (yang ramah lingkungan) selama berada di dalam kawasan dan tidak menggunakan dan/atau meminjamkan peralatan pribadi dengan pengunjung lainnya;
  4. Menerapkan etika ketika batuk dan bersin serta tidak meludah sembarangan;

 

Komentar