oleh

Ragam Penilaian Dari Ujian Kesetaraan PKBM Bravo Star Ngada

-News, NTT, Pendidikan-552 views

BINTANGFLOBAMORA.Com, Ngada – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bravo Star di Kelurahan Mataloko Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada mengadakan ujian keseteraan sejak Senin (22/3/2021) hingga Sabtu (27/3/2021). Terdapat ragam penilaian baik teori maupun praktek, diselenggarakan bagi warga belajar yang berjumlah 63 peserta mulai dari Paket A, paket B dan Paket C.

Sebanyak 11 tutor (guru) mendampingi ujian keseteraan tersebut. Adapun bentuk penilaian terdiri dari ujian teori dengan perincian, lima mata pelajaran bagi Paket A, tujuh mata pelajaran untuk paket B dan 9 mata pelajaran di paket C.

Selain itu, terdapat tiga bidang yang dinilai melalui metode praktek yakni budidaya tanaman hortikultura, kesenian tradisional dan nasional serta olahraga.

Baca Juga:  Ikut Ujian Kesetaraan,  Rian Kopling Ingin Wujudkan Mimpi Yang Tersekat

Direktur PKBM Bravo Star Benediktus Lagho, S.Pd mengatakan, Jumlah mata pelajaran yang diujikan secara teori telah disesuaikan dengan rujukan pada Prosedur Operasional Standar (SOP) Ujian Kesetaraan. Sementara ujian praktek adalah bidang kegiatan yang dikembangkan di PKBM Bravo Star.

Benediktus menjelaskan, dibidang budidaya tanaman hortikultura yang dinilai adalah keterampilan peserta dalam mengembangkan budidaya lombok, tomat, terung dan bawang.

Warga Belajar Sedang Melakukan Praktek Budidaya Hortikultura

Lanjut Benediktus, salah satu bidang yang dikembangkan di PKBM-nya yakni pelatihan untuk mengolah limbah dari ternak babi menjadi biogas dan pupuk organik. Pupuk itu selanjutnya digunakan peserta untuk menanam berbagai jenis tanaman.

Baca Juga:  Ikut Ujian Kesetaraan,  Rian Kopling Ingin Wujudkan Mimpi Yang Tersekat

Dibidang kesenian, papar Benediktus, yang dinilai adalah menabuh gong gendang sebagai salah satu alat musik tradisional Kabupaten Ngada bagi peserta pria dan bagi peserta wanita yang diujikan adalah keterampilan menyanyikan lagu rohani, lagu daerah dan lagu nasional.

Warga Belajar PKBM Dalam Suasana Ujian Praktek Kesenian

Sementara bidang olahraga akan dilaksanakan di Rutan Kelas 2 B Bajawa, Sabtu (27/3/2021). Kegiatan itu adalah tindak lanjut dari MoU antara PKBM Bravo Star dengan Kepala Rutan Kelas 2 B Bajawa. Diterangkan Benediktus, dua cabang olah raga yang akan diujikan yaitu sepak bola bagi peserta pria dan bola voli untuk peserta wanita.

Baca Juga:  Ikut Ujian Kesetaraan,  Rian Kopling Ingin Wujudkan Mimpi Yang Tersekat

Benediktus menambahkan, kegiatan di Rutan Bajawa akan disisipkan dengan aksi puasa yang digalakan warga belajar beragama Katolik yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa. Dalam aksi itu, warga belajar PKBM Bravo Star memberikan sejumlah bantuan bagi penghuni Rutan.

Melalui keterangan tertulis kepada media, Benediktus juga menyampaikan program pelayanan pendidikan dan pembinaan di PKBM Bravo Star berfokus bada bidang budidaya tanaman hortikultura, ternak babi, musik, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Keterangan Tertulis & Foto : Benediktus Lagho, S.Pd

Editor : AGN

Komentar