oleh

Terpilih Lagi Sebagai Ketua, Aram Kolifai Ajak Pengurus DPW FK-PKBM Jadi Pahlawan Untuk NTT

BINTANGFLOBAMORA.Com, Kota Kupang – Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (FKPKBM NTT), menggelar musyawarah wilayah (Muswil) III pada Sabtu, 11 September 2021.

kegiatan yang dihelat secara virtual diikuti lebih kurang 33 peserta. Nampak deretan tokoh seperti, Ketua DPP FK PKBM Indonesia, Drs. Suhartono, S.T., beserta pengurus, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, S.Pd., M.Si., Ketua DPW FK PKBM NTT, Aram Pukuafu Kolifai, SH dan para ketua DPD FK PKBM se-NTT.

Panitia penyelenggara Muswil III FK PKBM Tahun 2021, Yati Fraga, S.E., menyampaikan pelaksanaan Muswil telah dipersiapkan sejak sesuai 18 Agustus 2021.

Pelaksanaan Muswil III FK PKBM, melambungkan tema, “Optimalisasi peran pengelola FK PKBM dalam mewujudkan peran pendidikan non-formal SPNF di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang mandiri dan berdaya saing.”

Dalam sambutannya, Aram Pukuafu Kolifai, S.H. menyampaikan bahwa perhelatan Muswil III FK PKBM telah sesuai dengan anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) organisasi.

Baca Juga:  Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan Bersiap Hadapi Asesmen Nasional

“Sebenarnya masa kepengurusan kami hanya hingga tahun 2020, namun karena berbagai macam kendala, maka kebijakan diambil oleh DPP sehingga kami diberikan mandat hingga terlaksananya Muswil III FK PKBM,”

“Ini juga dalam rangka mengakhiri dan mempertanggungjawabkan semua yang telah kami lakukan sesuai amanat Muswil II pada tahun 2015,” kata Aram.

Ketika memberikan arahan, Drs. Suhartono, S.T., dalam arahannya menekankan tiga hal pokok yang harus menjadi titik fokus Muswil.

“Ada tiga hal pokok yang harus dilaksanakan dalam muswil yakni merefleksikan diri, menyampaikan laporan pertanggungjawaban dan menyusun program kerja,” ucap Suhartono.

Ia melanjutkan, lima tahun ke depan PKBM akan menghadapi tantangan yang jauh berbeda terkait kondisi komunikasi, ekonomi, dan peserta didik.

“Dalam menyusun program kerja tak perlu muluk-muluk, dengan tolok ukur dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar PKBM,” pesannya lagi.

Baca Juga:  GSMB Didukung Pemkot Kupang, Merambah Pendidikan Non Formal

Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT,  Linus Lusi, S.Pd., M.Si., memberikan apresiasi kepada para pengurus dalam masa jabatannya meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) NTT.

“Sesuai Undang-undang nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 3 menyatakan pusat kegiatan belajar masyarakat merupakan pusat kegiatan non-formal dengan program sangat beragam harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat,”

“Dan program PKBM harus bermakna dalam mendukung Provinsi NTT di jajaran literasi, numerasi, dan survei karakter yang menjadi program nasional sementara digulirkan dan dapat menjembatani berbagai persoalan yang tidak  di pendidikan formal,” kata Linus Lusi.

Aram Kembali Terpilih

Usai penyampaian laporan pertanggungjawaban (LPJ),  pengurus wilayah secara sah dinyatakan terdemisioner.

Ketika memasuki agenda pemilihan pengurus FK PKBM NTT periode 2021—2026, sidang dipimpin oleh Alberto Tatibun, S.Ip.

Dari hasil link vote ‘jaringan pemungutan’ muncul 3 (tiga) nama yakni Polikarpus Do (2 suara), Petrus Alung (1 suara), dan Aram Pukuafu Kolifai (8 suara).

Baca Juga:  Nadiem Bubarkan BSNP

Dalam pemilihan lanjutan, figur calon ketua FKPKBM NTT menyisahkan dua nama setelah Polikarpus Do mengundurkan diri dari bursa pencalonan.

Dari hasil pemungutan suara ulang yang masuk, Aram Pukuafu Kolifai akhirnya terpilih dengan perolehan suara mutlak, 10 berbanding 1.

“Terima kasih kepada para pengurus DPD FK PKBM se-NTT dan DPP. Saya bisa bertahan dengan idealisme saat ini karena mendapat dukungan Polikarpus Do dan Petrus Alung. Saat ini ada juga salah satu kader, Alberto Tatibun dan beberapa kader lain,”

“Jadilah pahlawan. Itu substansi dari sebuah perjuangan,” ujar Aram.

Ia juga mengusulkan nama dewan penasihat antara lain, Linus Lusi dan Robert Fanggidae.

Drs. Suhartono, S.T. menyampaikan proficiat kepada Aram Pukuafu Kolifai sembari menyatakan bahwa DPP selalu siap memberikan dukungan ke depannya.

Komentar