oleh

Tokoh Lokal Hingga Nasional Jadi Narasumber Di LKK Virtual Ipelmen Kupang

-News, NTT, Pendidikan-450 Dilihat

Ikatan Pelajar Mahasiswa kabupaten Ende (IPELMEN) Kupang menggelar Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) selama tiga hari secara virtual. Sebanyak 33 peserta terdiri dari badan pengurus, panitia dan peserta yang mendaftarkan diri, mengikuti LKK sejak Kamis (11/3) hingga Sabtu (13/3).

Kegiatan LKK Ipelmen yang mengangkat tema : Membentuk Jiwa Pemimpin Yang Bertanggung Jawab Dalam Organisasi, sukses menghadirkan narasumber baik dari kalangan lokal maupun nasional. Narasumber dalam kegiatan hari pertama menghadirkan tokoh politik kabupaten Ende Maksi Mari yang membawakan ceramah tentang analiis SWOT dan rektor Universitas Muhamadiah Kupang Zainur Wula yang membawakan materi tentang kepemimpinan.

Hari kedua kegiatan, dua narasumber yang memberikan ceramah antara lain, penggerak usaha ekonomi kreatif NTT Riesta Megasari tentang kewirausahaan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ende Erick Rede yang membuka wawasan peserta LKK tentang pentingnya berpolitik.

Baca Juga:  IKKEF Kumpulkan 78 Kantong Sampah di Pantai Warna Oesapa, Kota Kupang Masuk Daftar Kota Terkotor di Indonesia

Sementara dihari ketiga kegiatan, hadir Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena yang memberikan materi tentang bagaimana menjadi mahasiswa yang unggul. Narasumber terakhir yang menjadi penutup kegiatan LKK adalah ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kota Kupang Agung Hermanus Riwu didampingi sekretaris Yohanes Babtista Inocenty Loe yang memberikan penguatan gerakan literasi dilingkup organisasi kepemudaan.

Ketua panitia pengarah Karlos Raja melalui keterangan tertulis menyampaikan kegiatan LKK merupakan salah satu tahapan pembinaan dan pengkaderan bagi anggota Ipelmen untuk menjadi pemimpin-peminpin berkualitas di masa yang akan datang.

Ketua Ipelmen Kupang Emiliana Sare Nulane turut menegaskan bahwa latihan kepemimpinan ini diselenggarakan untuk menyiapkan pelajar dan mahasiswa asal kabupaten Ende di Kupang agar teguh pada idealisme, mempunyai daya inovasi yang tinggi, kreatif serta mempunyai energi besar dalam menggerakan perubahan bangsa pada umumnya dan kabupaten Ende khususnya.

Baca Juga:  Abdul Azis Lantik Anggota Ipelmen di TD Yesus Maria Yoseph

Emiliana juga mengucapkan terima kasih kepada ketua dan seluruh unsur Ikatan Keluarga Kabupaten Ende Flores (IKKEF) Kupang, senior maupun alumni Ipelmen, narasumber dan seluruh anggota yang sudah terlibat dalam kegiatan LKK.

Ketua IKKEF Kupang Yoseph Meba yang aktif memantau kegiatan sejak awal hingga akhir memberikan apresiasi kepada Ipelmen Kupang yang telah mendesain kegiatan LKK ini dengan baik. Dia mengatakan, dengan latihan-latihan seperti ini diharapkan mampu memberi wawasan kepada segenap anggota Ipelmen dalam berpikir dan bertindak agar bisa terbentuk menjadi pemimpin yang memiliki pribadi yang tangguh, mandiri, memiliki jati diri dan mampu berkiprah secara profesioanal.

Baca Juga:  Deklarasi Himpelmak, Rumah Bersatu dan Belajar Mahasiswa Asal Maukaro di Kupang

Dalam nada yang sama, salah satu alumni pendamping kegiatan LKK Florianus Sambi Dede juga memberikan apresiasi karena badan pengurus Ipelmen tetap semangat melaksanakan kegiatan meski dalam situasi pandemi. Menurutnya, semangat itu adalah bentuk cinta untuk menjaga eksistensi organisasi yang tidak hanyut terbawa arus pandemi virus korona.

Sementara alumni pendamping lain Emanuel Arison Sera mengingatkan peserta LKK Ipelmen untuk mampu mengiplementasikan setiap teori yang disampaikan narasumber dalam aksi nyata yang berdaya guna bagi pengembangan diri dan kebaikan organisasi.

Dalam keterangan tertulis yang diterima media Bintangflobamora.com, setelah sukses menyelenggarakan LKK, dalam tempo yang tidak lama lagi Ipelmen akan melaksanakan kegiatan Masa Penerimaan anggota Baru (MPAB).

Komentar