oleh

Usai Rapat Penguatan Kapasitas, Bawaslu Ende Bersiap Lakukan Inovasi

-News, NTT-409 views

BINTANGFLOBAMORA.Com, Bawaslu Kabupaten Ende – Koordinator Divisi Hukum, Penindakan, Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP3S) Bawaslu Ende, Basilius Wena mengikuti kegiatan Rapat Penguatan Kapasitas Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran, bersama 22 Bawaslu kabupaten/kota se-Nusa Tenggara Timur (NTT), yang digelar Bawaslu NTT, pada Jumat (26/3/2021) di Kantor Bawaslu NTT, Jalan Eltari, Kota Kupang.  

Dalam kegiatan tersebut, hadir Ketua Bawaslu NTT Thomas M. Djawa beserta anggota Bawaslu NTT antara lain, Baharudin Hamzah, Noldi T. Hungu dan Jemris Fointuna.

Thomas M. Djawa, yang juga Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran menyampaikan pentingnya rapat penguatan kapasitas, sehingga dirinya berharap semua anggota Bawaslu kabupaten/kota yang membidangi divisi HP3S wajib menghadiri kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Heboh ! Bawaslu Ende Ungkap Kasus Money Politic Pada Pileg 2019 Lalu

Sementara anggota Bawaslu NTT Jemris Fointuna mengingatkan, Bawaslu NTT secara kelembagaan memiliki kewajiban melakukan konsolidasi secara internal meski dalam masa non tahapan untuk meningkatkan kapabilitas SDM dalam menangani kasus pelanggaran pemilu/pilkada yang akan datang.

“Ditengah pandemi Covid-19 dan keterbatasan anggaran, sudah pasti memiliki keterbatasan ruang gerak kegiatan, tetapi kita harus tetap berupaya melaksanakan aktivitas kelembagaan dengan terus berinovasi, terkait penguatan  dan peningkatan kapasitas kelembagaan,” kata  Jemris.

Lanjutnya, “Pada intinya, rapat konsolidasi  digelar dengan tujuan agar lembaga pengawas pemilu tetap eksis dan selalu berinovasi.”

Jimres menerangkan, secara internal, output dari kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi pengawas pemilu guna memahami tugas, kewajiban dan kewenangan, menangani temuan dan laporan secara profesional, serta memahami regulasi baik UU maupun aturan turunannya.

Baca Juga:  Bawaslu NTT Mewanti PSU Sabu Raijua, Jangan Sampai Ada “PSU diatas PSU”

Sementara secara eksternal, beneficial kegiatan ini dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Bawaslu, terkait tugas dan kewenangan, memahami prosedur penanganan temuan dan laporan dugaan  pelanggaran Pemilu/Pilkada.

Narasumber dalam kegiatan itu antara lain, Thomas M.Djawa, Abdul Asis, dan Mikhael Feka. Masing-masing membawakan materi tentang Penguatan Kapasitas Penanganan Temuan dan Laporan Pelanggaran, Sinkronisasi Program Kerja Divisi Penindakan Pelanggaran, dan Penajaman Perbawaslu Nomor 08  Tahun 2020 dan Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2018.

Diakhir kegiatan, dilakukan penyusunan program kerja dan Rencana Kerja Tindak Lanjut  (RKTL) oleh masing-masing Koordinator Divisi HP3S di masing-masing Bawaslu kabupaten/kota.

Kordinator HP3S Bawaslu Kabupaten Ende Basilius Wena menyatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pimpinan bawaslu kabupaten/kota khususnya Kordinator Divisi HP3S untuk melakukan berbagai inovasi terhadap kegiatan lembaga.

Baca Juga:  Bawaslu Ende Gelar Rapat Penguatan Kapasitas Bagi Staf

Basilius menyampaikan bahwa Bawaslu Kabupaten Ende siap melakukan inovasi dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pengetahuan tentang kepemiluan terutama menyangkut tugas, fungsi dan wewenang Bawaslu serta prosedural penyampaian laporan dan penanganan terhadap sebuah dugaan pelanggaran Pemilu.

“Kami menargetkan, kegiatan-kegiatan yang terencana dalam program dan RKTL akan mulai dilaksanakan pada bulan April,” ujarnya.

Basilius menambahkan, Bawaslu akan berupaya sedini mungkin, melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas terkait penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024 dari aspek kewenangan Pengawas Pemilu demi mewujudkan Pemilu yang Jurdil dan berkualitas.

Keterangan Tertulis & Foto : Tres Sagho

Editor : AGN

Komentar