oleh

Yaspensi Beri Bimtek Menulis Bagi Guru dan Peserta Didik SMAN 1 Lewa

“Kegiatan ini dilaksakanan sebagai implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN), serta Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter”

BINTANGFLOBAMORA.Com, Sumba Timur – Sebanyak 45 guru dan 25 peserta didik Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Lewa Kabupaten Sumba Timur mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penulisan Kreatif dan Karya Tulis Ilmiah yang digelar oleh Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (Yaspensi), Kamis-Sabtu, 14-16/10/2021.

Bimtek tersebut terselenggara berkat kerja sama antara Yaspensi, Organisasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Sumba Timur dan sekolah setempat.

Baca Juga:  Waingapu NTT Diguncang Gempa

Berlangsung secara tatap muka dan virtual, kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Bimtek dibuka secara resmi oleh Ketua MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur, Nimrot Ndjukambani, S.Pd., didampingi Plt. Kepala SMAN 1 Lewa, Asri Mbangi Bangar, S.Pd. Hadit pula Ketua Yaspensi, Marianus Seong Ndewi, S.Pd., M.M., para guru, peserta didik, dan tim narasumber Yaspensi.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur, Nimrot Ndjukambani, S.Pd.,

Dalam arahannya, Ketua MKKS Nimrot Ndjukambani, S.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksakanan sebagai implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan Gerakan Literasi Nasional (GLN), serta Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Baca Juga:  BLU- LPMUKP Gandeng Dinas Teknis Buka Akses Modal Bagi Petani Rumput Laut di Sumba Timur

“Kita mempersiapkan peserta didik sebagai generasi emas 2045, dimana ketika itu mereka ini yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan. Persiapan seperti ini sangat penting mengingat di tahun itu akan ada banyak tantangan,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan akan peran penting guru sebagai penggerak utama literasi dan pendidikan karakter di lingkungan sekolah.

“Guru perlu meningkatkan kualitas dirinya agar bisa tampil sebagai penggerak bagi peserta didik,” katanya.

Sementara itu Asri Mbangi Bangar, S.Pd., menyampaikan terima kasih kepada tim Yaspensi yang telah bekerja sama dengan MKKS SMA Kabupaten Sumba Timur untuk membekali para guru dan peserta didik dengan berbagai materi dan pengalaman di bidang menulis.

Baca Juga:  Jalankan PPKM Level 4, Pemkab Sumba Timur Lakukan Pengawasan Tingkat RT

Dirinya berharap dari kegiatan ini para guru dan peserta didik dapat memperoleh banyak ilmu dan dapat menerapkannya dalam proses belajar.

Kegiatan berlangsung tertib dan lancar. Selama tiga hari peserta dibekali dengan berbagai materi dan pengalaman serta praktik menulis dari tim narasumber Yaspensi yakni, Dr. I Wayan Artika, S.Pd., M.Hum., Robertus Fahik, S.Fil., M.Si., Robertus Elyakim Lahok Bau, S.Fil., dan Saverinus Suhardin, M.Kes.

Komentar